Jumat, 31 Oktober 2014

Aplikasi E-Commerce Pada Bisnis

Dalam penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan elektronik atau e-commerce) saja. Dalam hal ini, e-dagang lebih merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet (e-pemasaran). Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-dagang mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
Sementara itu, e-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat webInternetintranet,extranet atau kombinasi di antaranya.

Salah satu pengaplikasian e commerce tersebut dapat dilihat dalam bisnis pada suatu web yang menyediakan fasilitas yang lumayan lengkap. Untuk mempermudah konsumen yang membutuhkan panduan dalam proses pembelian.

Dalam website e-commerce itu, terdapat tata cara yang membantu konsumen dalam membeli sesuatu. Website ini adalah sebuah website layanan berbasis cloud yang memungkinkan kita memiliki website e-commerce (took online) pribadi, tanpa perlu mengurus hal teknis IT. Sehingga kita dapat fokus ke bisnis. Hal yang terkait penyiapan design web, setup server, domain, hingga maintenance, dan upgrade dilakukan terpusat oleh website tersebut sebagai provider.

Cara memiliki web toko online di website tersebuat adalah dengan mengisi form yang tersedia di halaman utama website tersebut. Setelah mengisi form tersebut kita akan mendapatkan email dan sms berisi informasi login ke admin web kita.

Jika kita mengorder atau mendaftar pada website tersebut, yang dapat kita peroleh adalah kita akan mendapatkan website toko online, dimana kita dapat memajang produk kita, mengatur stok, mengatur desain, mengatur pelanggan, mengatur order pembelian, mengatur rencana promosi dan marketing dibantu tools yang tersedia. Untuk melihat keterangan fitur dan fasilitas yang akan kita dapatkan juga disediakan dengan hyperlink yang tersedia.

Setelah kita mengisi form, kita akan mendapatkan sms dan email berisi password dan alamat web. Itu semua diperuntukkan pada konsumen untuk mengakses menuju halaman admisnistrasi toko online kita agar dapat  mengatur website yang sudah website ini siapkan. Kita juga dapat menggunakan login form pada halaman depan website ini untuk mengakses panel admin web toko web kita.

Domain yang terdapat pada website ini adalah alamat website yang tertera di kolom atas browser kita. Semua website selalu memiliki domain. Selalu ingat nama domain website kita agar kita dapat mengaksesnya. Domain tidak diperkenankan memiliki spasi atau karakter-karakter symbol dan selalu huruf kecil. Contoh : facebook.com atau twitter.com

Website kita dapat diupgrade sesuai kebutuhan dan kapanpun. Website ini memiliki jenis paket sesuai dengan kebutuhan kita. Serta paket tersebut dapat dilihat dalam link yang telah disediakan di website ini. Begitu juga dengan informasi detail mengenai paket dan harga paket tersebut.

Kita dapat melakukan update konten website melalui Control Management System (CMS) atau dashboard admin panel yang diberikan oleh website ini.

Website untuk uji coba dan gratis juga tersedia dalam website ini. Website ini menyediakan versi trial gratis untuk 30 hari. Selain itu juga tersedia versi demo untuk melihat seperti apa website yang telah berjalan melalui hyperlink yang tersedia di dalam website ini.

Tentunya kita harus membayar website yang kita miliki. Website dapat dibayar kapanpun kita inginkan, setelah membayar serta mengonfirmasi,  website ini akan menambahkan waktu pakai website sesuai dengan jumlah yang dibayarkan. Penambahan waktu pakai selalu dihitung dari waktu masa aktif habis, bukan pada saat pembayaran.

Cara pembayaran website kita adalah melalui pembayaran langsung melalui transfer ke rekening bank yang telah disediakan. Ini bertujuan untuk mempersingkat waktu dan mempermudah pembayaran. Biasanya akan disediakan nama bank, atas nama dan rekening.

Jika sudah melakukan pembayaran serta masuk dan diterima, website ini akan memberitahukan kepada kita bahwa pembayaran telah diterima dan diproses. Untuk cara konfirmasi pembayaran pun telah disediakan di website mengenai detail dan format untuk pembayaran per bulan atau per tahun. Dengan beberapa catatan yaitu konfirmasi pembayaran harus dilakukan di hari yang sama ketika kita transfer, pembayaran yang tidak melakukan konfirmasi tidak akan diproses.

Kita juga dapat menggunakan nama domain yang sudah pernah kita miliki sebelumnya dengan mengubah konfigurasu CNAME record DNS yang berisi tentang domain, ttl serta hostname. Konfirmasikan terlebih dahulu ke CS domain baru kita agar website ini dapat mengijinkan domain tersebut mengaksis server website ini.

Kita dapat menghubungi website ini ketika mendapatkan kendala atau masalah pada akun kita dengan menghubungi kontak yang tersedia di website ini atau pada link yang tersedia.

Jika kita memutuskan untuk tidak memperpanjang masa berlangganan kita, kita tidak dapat mengambil back up data milik kita yang tersimpan di website ini.

Lupa password adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna. Maka jika kita lupa password login ke CMS/admin panel, yang harus kita lakukan adalah menggunakan link ‘lupa password’ di halaman login website kita atau kontak website ini.

Kita tidak dapat login ke CPanel dan  mendapatkan scriptnya. Karena website ini berbasis software layanan dan pengguna hanya membayar sewa layanan, bukan membeli kode software.

Kita tidak bisa menggunakan hosting atau server sendiri. Walaupun kita merasa tidak nyaman dengan server yang tersedia, kita juga tidak bisa pindah sewaktu-waktu karena website ini telah meyediakan apa yang dibutuhkan.

Jika ada pembeli yang memesan barang, kita juga dapat langsung mengetahuinya segera melalui fitur notifikasi SMS dan email.

Data-data toko online kita disimpan dan dibackup karena website ini menyimpan dan menjaga data toko online kita secara berkala setiap  hari selama kita berlangganan.


Setelah mengetahui apa saja yang dapat kita peroleh melalui tuturan diatas, tidak ada salahnya kita juga dapat membuat website toko online kita sendiri. Selain menambah ilmu pengetahuan, kita juga dapat memperoleh penghasilan kita sendiri.


Sumber : wikipedia.com