Senin, 24 November 2014

Web User Experince

Web user experince? Sebagai pengguna web, kita pasti merasakan apa yang dirasakan oleh user lainnya. Tentang kemudahan serta manfaat lain yang kita rasakan.




Web Usability

Web usability? Apa itu? Jadi, bagi yang belum pernah denger web usability, usability adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan kemudahan yang didapat seseorang dalam menggunakan sebuah alat atau obyek ciptaan manusia lainnya dalam mencapai sebuah tujuan. Pada analisis kali ini akan dilakukan pengkajian dari segi usability untuk mengetahui seberapa mudah situs dapat digunakan untuk menyelesaikan task-task yang ada.

Apa usability itu penting? Tentu saja penting. Itulah mengapa sang pakar usability, Jakob Nielsen, memperhatikan bahwa usability sangat penting agar sebuah situs dapat bertahan. Web usability merupakan cerminan dari kebiasaan yang umumnya dilakukan pengguna situs. Situs yang memiliki usability tinggi memiliki peluang untuk lebih sering dikunjungi. Umumnya pengguna ingin mendapatkan informasi secara cepat dan jika sebuah situs gagal dalam menunjukkan secara jelas apa yang dapat dilakukan dengan situs tersebut, pengguna cenderung akan langsung meninggalkan situs dan beralih ke situs lain.

Jakob Nielsen

Secara umum, cara mengukur dan menilai usability sebuah situs bersifat relatif dan bergantung pada bagaimana pengguna dapat menyelesaikan sekumpul task. Menurut Jakob Nielsen, terdapat beberapa ukuran umum yang dapat dijadikan patokan dalam mengukur usability, yakni :

1. Success Rate
    Success Rate merupakan tingkat kesuksesan pengguna dalam menyelesaikan semua task yang ada       pada situs.

2. The Time a Task Requires
    Waktu yang dibutuhkan pengguna untuk menyelesaikan sebuah task.

3. Error Rate
    Tingkat kesalahan yang dilakukan pengguna saat menyelesaikan task.

4. Users Subjective Satisfaction
    Tingkat kepuasan pengguna dalam menyelesaikan sebuah task.

Nah, jadi sekarang sudah tau kan tentang kepentingan web usability? Dengan semua ini, kita dimudahkan untuk dapat menyelesaikan task.